Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
     
    

Highlight

banner2
eproduk
SmartD
Katam


       Bbpmektan  
Profil Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian PDF Cetak E-mail

Pimpinan Kami | Tugas dan Fungsi | Visi dan Misi | Organisasi | Motto | Program Kegiatan | Pendanaan | SDM | Succes Story


Profil > Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian


 

Institusi Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) merupakan salah satu unit kerja setingkat Eselon IIb Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang dibentuk berdasarkan PERATURAN MENTERI PERTANIAN Nomor : 38/Permentan/OT.140/3/2013 yang diberi mandat nasional sebagai pelaksana teknis dibidang penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Dalam melaksanakan mandatnya Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian mengacu kepada Renstra Kementerian Pertanian Tahun 2010-2014 yang merupakan acuan dan arahan pembangunan pertanian untuk memposisikan kembali pertanian sebagai motor penggerak pembangunan nasional melalui pencapaian 4 Target Utama pembangunan pertanian ke depan, yaitu: (1) pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, (2) peningkatan diversifikasi pangan, (3) peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, dan (4) peningkatan kesejahteraan petani.


Pimpinan Kami

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) merupakan fungsi unit kerja Eselon IIb yang secara struktural adalah salah satu unit kerja di lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian). Dalam pelaksanaan kegiatan, secara struktural Kepala Balai dibantu oleh Pejabat Esolon IIIb dan IVa.



Sejarah

Pada tahun 1953 merupakan sebagai Instansi/kelembagaan Jawatan Pertanian Rakyat yang mempunyai tugas untuk meningkatkan produksi pangan dengan didirikan pusat-pusat latihan dan perbengkelan dan Tenaga teknis ada pelatihan ke luar negeri.

Pada tahun 1957 menjadi MEKATANI, kemudian pada tahun 1963 berganti nama menjadi Lembaga Penelitian Tenaga Kerja dan Peralatan Pertanian (Mekanisasi skala kecil dan efisien). Pada tahun 1970 berganti nama lagi menjadi Diametan, di bawah Direktorat teknik Pertanian dan di tahun 1975 menjadi Sub Direktorat Mekanisasi Pertanian, Dit.Produksi.

Pada tahun 1983 beralih menjadi Subdit Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian, kemudian pada pertengahan tahun 1986 tepatnya 23 Juni 1986 berganti nama JICA-Ditjentan (Peletakan batu pertama) di Serpong. Diresmikan pada tanggal 9 Maret 1987 yang kemudian pada tahun 1987 sampai dengan 1991 menjadi lembaga Ditjentan (CDAET - ATA 220). Pada tanggal 21 Februari 1991 diterbitkan SK Mentan No. 75/Kpts/OT.210/2/91 Badan Litbang Pertanian dengan nama Balai Besar Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian.

Pada tanggal 28 Juni 2002 diterbitkan kembali SK Mentan No. 403 /Kpts/OT.210/6/2002 kemudian berganti nama lagi dari Balai Besar Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian diubah menjadi Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian sampai dengan saat ini.

Sesuai PERATURAN MENTERI PERTANIAN Nomor : 38/Permentan/OT.140/3/2013 Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian mempunyai tugas melaksanakan penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian.

 
BBP Mektan
login
Joomla Templates by JoomlaVision.com